Pages Story

Semua Informasi Termuat Disini

Makanan untuk proses cutting/pengeringan otot

Ketika berbicara tentang persiapan mengikuti body contest Contest preparation adalah merupakan fase persiapan para peserta body contest atau binaraga sebelum mereka bertanding di atas panggung. Termasuk di dalamnya bulking, diet, ataupun pengeringan otot.
Ripped, shredded, dan lean muscleadalah istilah umum dalam body contest yang mengacu pada definisi otot yang kering. Ripped, ataushredded, atau lean muscle adalah tujuan yang harus dicapai oleh banyak calon peserta jauh sebelum pertandingan body contest tergelar.
Memiliki otot deltoid menjulang, bicep yang besar ataupun perut sixpack saja belum cukup untuk membuat juri terpukau. Anda harus membuatnya terlihat lebih kering.
Kualitas ripped, shredded, dan lean muscle (otot kering) yang dipertontonkan di depan juri terkadang menjadi tolak ukur seseorang bisa menjadi juara atau tidak. Dan kualitas tersebut biasanya didapatkan dengan mengurangi cairan tubuh (water lost) ataupun diuretik (meningkatkan produksi urin).
Tidak hanya melalui program latihan yang memadai, membangun otot yang kering juga bisa didapatkan melalui pengaturan makanan. Yang akan kita bahas di sini bukan makanan untuk membangun otot, tetapi makanan yang memiliki efek diuretik, yang mampu ‘menguras’ air dalam tubuh dan membuat otot terlihat lebih kering.
Selain tertutup lemak, serat otot yang Anda latih biasanya masih tertutupi oleh timbunan air dan garam yang masih melekat di bawah permukaan kulit. Ini yang menyebabkan otot Anda terlihat tidak berserat, atau dalam istilah body contest di sebut ‘basah’.
Makanan Pengering Otot
Ada beberapa makanan yang dipercaya memiliki kemampuan untuk mengurangi kelebihan dan tumpukan air ataupun mineral lainnya di bawah permukaan kulit. Makanan tersebut memiliki tugas untuk menyerap air atau mineral di bawah permukaan kulit menuju ke saluran pembuangan tubuh, yang seterusnya dikeluarkan menjadi urin atau biasa kita sebut sebagai aktivitas buang air kecil.
Makanan penguras air (diuretik) tersebut antara lain:
Mentimun
Buah yang diperkaya dengan sulfur dan silikon ini dikenal ampuh dalam merangsang ginjal untuk membuang asam urat dan memproduksi urin.
Peterseli
Tumbuhan berdaun hijau ini menghambat proses fisiologis yang dikenal sebagai pompa natrium-kalium, sehingga mengakibatkan peningkatan ekskresi air.
Oatmeal
Oatmeal diketahui mengandung silika, yang merupakan diuretik alami. Agar lebih sehat, tambahkan irisan buah-buahan segar pada otameal Anda. Tidak hanya efektif untuk membantu otot Anda terlihat kering, kombinasi oatmeal dan buah-buahan dapat membuat sistem pencernaan Anda sehat dan terbebas dari risiko sembelit.
Wortel
Selain membantu proses pengeringan otot, kandungan Vitamin A dalam wortel dapat membersihkan usus besar, empedu dan hati secara alami dari lemak dan racun berbahaya.
Teh hijau
Selain dikenal sebagai minuman diuretik, teh hijau juga dikenal efektif mencegah efek buruk dari radikal bebas yang berpotensi muncul ketika berlatih dalam intensitas tinggi.
Cuka apel
Mempunyai sifat diuretik dan membantu menambah level potasium tubuh. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa cuka apel mampu membantu menjaga Anda dari rasa lapar yang berlebihan dan dapat menurunkan kadar gula dalam makanan berkalori tinggi.
Namun sekali lagi, proses pembuangan air dalam tubuh ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Secara alami tubuh membutuhkan air dalam jumlah yang memadai, sebab jika kekurangan cairan maka daya tahan tubuh akan melemah dan berpotensi terserang penyakit.
Sebelum Anda mencoba teknik ‘membuang’ air agar otot tampak kering, sebaiknya silakan berkonsultasi terlebih dahulu dengan pakar kesehatan untuk mengetahui apakah cara tersebut aman bagi kesehatan Anda atau malah sebaliknya.
Updated: April 2, 2016 — 1:00 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pages Story © 2017 Frontier Theme